Rabu, 04 April 2012

BAJINGAN MUDA


 |
INTERROGATIONS & INTERVIEWS

Morgue Vanguard, M.V. atau lebih dikenal dengan Ucok. Sumpah serapah dan kegelisahannya sudah tertumpahkan pada lirik-lirknya yang menyerang neo-liberalisme, konsumerisme dan konstalasi perpolitikan internasional bersama dialektika dan analagi-analoginya yang cerdas (“Berkomposisi bak Guantanamo sekolosal mega-orkestra Steve Albini..”) bersama grup hiphopnya seminal-nya, Homicide (yang sudah bubar pada tahun 2007). Statusnya sebagai seorang yang cukup notorious, tidak hanya di skena hiphop itu sendiri, tapi di industri musik Indonesia (album Nekrophone Days masuk 150 album terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia). Mari kita simak interview kita dengan MC/beatmaker/lyricist yang rekor golputnya belum terpecahkan ini..

Pendapat lo tentang musik hip-hop yang hanya dianggap musik ‘digging’ yang selalu mengambil sampling-sampling dari CD/kaset/plat album-album lama? Sebenarnya permasalahannya bukan masalah diggingnya, tapi lebih ke masalah samplingnya. Ada juga DJ yang ga digging, jadi musik yang dia dapet, dia kemas ulang. Dan ada juga yang emang sengaja digging. Biasanya produser-produser yang nyari source-source musik lama itu materinya lebih bagus. Bandingin aja si Madlib ama DJ Krush, kalo DJ Krush  lebih sedapetnya, sebagian bikin, trus tambahin synth, tapi tetap sampling. Kalo Madlib dia pure, jadi dalam satu lagu itu dia bisa sampling 10 lagu orang lain. Itu kan beda. Tapi mun ceuk urang (Kalo kata Gua sih) mah hiphop itu bukan di permasalahan diggingnya, tapi lebih bagaimana buat sesuatu yg baru dari barang-barang bekas yang udah ada. Filosofinya mah sebenernya filosofi lama, postmodern lama, jadi buat sesuatu yang baru dari yang lama.

Pas jaman si Afrika Bambata sama Kurtis Blow sampling tuh masih legal banget, lu bebas mo sampling apapun… sekarang gimana sih kondisi hukumnya? Nah itu dia! Gua ga tau yah kenapa sekarang si Madlib kok bisa sample lagu-lagu lama.. Mungkin dia indie, atau juga punya duit banyak. Karena permasalahannya semenjak 1991-1992 ada undang-undang sample itu, jadi itu merubah semuanya. Contohnya coba aja Lu denger album Public Enemy sebelum ’92 dengan yang sesudah ’92. Ambil aja yang paling kaya sample itu Fear Of A Black Planet. Itu satu lagu aja bisa sampling 20 lagu anjing gandeng pisan! Brengsek tuh! Hahaha. Saking banyaknya sample gatau itu sampling dari mana?!  Pernah waktu itu Saya ulik, jadi lagunya, konon ngambil dari Prince “anjing ini Prince dimananyah?!” . mereka ngambil dari artis-artis motown tapi kok gandeng gini? Hahaha.  Nah coba Lu perhatiin ada perubahan sejak ‘92, kata Hank Shocklee (The Bomb Squad), beatmaker nya PE. Kata dia gara-gara ada UU sample dia mulai bikin musik PE kaya sekarang. Nah yang Gua heran.. Itu si Madlib ama Jay Dilla itu gimana itu anjing Hahaha! Apalagi si Madlib sampling Aretha franklin aja udah jadi masalah tuh sebenernya..

Oh iya, si Dangermouse aja kena masalah tuh yang ama Beatles dan Jay-Z ya? Makanya si Jay Dilla yang album remix Beach Boys (Beach Boys VS J DIlla: Pet Sounds In The Key Of Dee) Itu Gua curiga juga kok dia ga kena masalah ya..

Gue curiganya sih itu album bootleg. Ato unreleased Cok..
Tapi Madlib yang Shades Of Blue (sampling band-band jazz Blue Note records) gimana tuh..

Oh itu kalo gue ga salah dia emang disuruh Blue Note recordsnya nge remix lagu-lagu jazz di katalog mereka. Ohh bisa jadi ada kerjasama ama records itu, cuma yang laen-laen nya nih gue ga tau ko mereka ga kena parah juga ya, padahal si J Dilla tuh sample nya layer-layer vokal. Nah mereka tuh kan perkecualian, cuma 1-2 beatmaker yang bisa kaya gitu sekarang-sekarang.  Sisanyamah semejak ada UU sampling itu jadi makin parah anjing teh Hahaha. Album paling parah PE itu yang setengahnya live..

Wah itu butut pisan.. Iya! anjing itu butut pisan (banget) anjing hahaha! Itu live lagi, bututnya astagfirrullah.. Kok PE bisa sebutut itu! Ada juga yang ngakalinnya kaya Dalek, dia sampling-sampling tapi trus dimasukin synthe, segala macem, jadi  keluarnya udah kaya Fennesz suaranya, udah ambience. Trus sampling ulang, sampling nya juga yang aneh-aneh kaya My Bloody Valentine, Faust…

Lu sendiri kemaren pas album Illshurekshun (Homicide) sampling dari mana aja? Banyak.. Tantang Tirani kan kebaca pisan itu Godflesh pisan.  Megatukad juga horn section nya ngambil dari Curtis Mayfield. Dari RnB, Motown, sampe metal juga ada disitu. Gua nyample Rarth juga ada. Cuman ga akan ketauan sih. Ada yang ketauan pisan tapi ahh anjing da orang juga ga akan nge-sue masalah copyright gitu, aman-aman aja kalo Gua sih. Buat kita-kita mah ya hajar-hajar ajalah. Semua source nya banyaknya dari CD, kalo plat jarang. Gua ga parah soalnya koleksi platnya. CD langsung masuk CDJ, trus masuk sample .

Lirik-lirik di lagu Lo pernah menjadi masalah ga? Oh banyak.. Banyak orang jadi ga suka ama Gua trus posting-posting di website mana gituh, Cuma ya itu hak dia, biarin aja. Cuma kalo udah ngegganggu, kaya misalnya email-email gelap, sms, ato posting di website Gua, ya Gua Tanya lagi, ajak diskusi, debat. Soalnya di lirik tuh keliatannya kan kaya Gua ga suka sama seseorang. Ada beberapa nama yang kalau dijadikan metafora cocok untuk mendeskreditkan sesuatu, tapi bukan untuk mendeskreditkan seseorang, karena emang metafornya seperti itu. Kaya yang lirik Harry Roesli itu bukannya Gua ga respect sama Almarhum, tapi dipakai untuk analogi. Layala (anak Almarhum) juga ga ada masalah, Cuma orang-orang banyak yang liatnya gimana gituh.

Kalo soal name-dropping dan analogi di lirik emang dikonsep? Iya. Soalnya kalau mau menjelaskan sesuatu pakai kata-kata itu panjang, kalo pake analogi kan cepet. Kaya misalnya yang “Lupakan Columbus karena Bush dan Nike telah menemukan Amerika”, jadi yang mendeskripsikan Amerika sekarang udah bukan Columbus, tapi korporasi. Kaya yang name drop si Itang Yunaz juga bukan berarti ga suka, tapi analogi aja.Kaya yang sepanas lubang anus kalian disodomi oleh korporat tanpa pelumas atau dengan populasi MC yang lebih padat dari Cicadas kan kita sama-sama tahu Cicadas padat, jadi analogi-anlogi kaya gitu tuh membantu banget.

Icon yang paling berpengaruh dalam hidup kamu yang semasa hidupnya banyak dibenci orang? Tan Malaka. Pada jamannya, selama hidup dia gak disukai semua orang. Diburu sama semua orang dia komunis tapi ga suka sama komunis partai, apalagi yang non- komunis.  Sukarno juga sebenernya ga suka sama Tan Malaka. Dari sayap kanan, kiri, tengah ga ada yg suka, soalnya dia emang slonong boy, kumaha manehna weh (gimana dianya aja) tapi rock ‘n roll. Apalagi kalo Lu baca cerita-cerita unpublishednya yang terakhir di Tempo. Itu brutal pisan. Anjing, Che Guevara tuh gak ada apa-apanya! Apaan Che Cuma travel ke-3 negara ini berapa puluh Negara. Parah ni orang! Udah selayaknya dapet kredibilitas, emang hidupnya juga udah iconic . nyamar gituh, sampe orang ga ada yang tau mukanya kaya apa.

5 orang yang Lu paling ga suka siapa? Ya yang pasti mah kalo ditanya sekarang gua bakal jawab Aburizal Bakrie. Aing ngewa pisan ka jelma eta. Haha. Pokoknya untuk saat-saat ini mah beberapa elit nasional yang emang menyebalkan di TV. Tapi pada dasarnya Gua emang ga suka sama banyak orang, pada dasarnya yang nomer satu itu adalah Aburizal Bakrie. Kedua Megawati. Ada juga orang-orang yang bertanggung jawab atas banyak hal, tapi orangnya udah ga ada, kaya Suharto. Oh iya, Muchdi PR. Ga personal sih, Cuma secara politis. Kalo buat Gua band yang tai itu Cokelat. Dulu prasaan ga ngewa-ngewa (Nyebelin) amat gituh kok jadi absurd gitu nasionalismenya, biasa-biasa ajalah, kaya kebanyakan ikut paskibra. Kok nasionalisnya irasional gitu yah? Kalo kaya band-band pasca Peterpan mah gausah disebut lagi, orang-orang juga udah pada tau mereka jelek. Kaya ST12 gitu Tapi kasian juga band-band kaya gitu… Soalnya mereka emang  niatannya pengen jadi band jelek. Siapa yah… SYAIFUL JAMIL! Saking sebelnya jadi lucu hahaha.. Kalo cokelat mah ga LUCU anjist! Haha.. Kalo Syaiful Jamil mah lucu!

Rencana kedepan dengan “kendaraan” baru Lo, Trigger Mortis? Musiknya Trigger tuh beda ya, kalo Homicide sampling yang dominan, kalo Trigger pake instrument analog. Secara lirik juga beda sih. Bentar lagi kita mau karantina, buat album, tapi Cuma 6 lagu, kaya album-album jazz klasik kan isinya Cuma 6 lagu.

Last words..? Mmm.. Apa ya.. Tapi bener kok.. Bener kok Cokelat jelek! Hahaha!

[interview&words.aldy kusumah / photos.idharrez / from ripple #65]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar